Cara Cepat Menghilangkan Bekas Jerawat Menghitam yang Mengganggu Cara Cepat Menghilangkan Bekas Jerawat Menghitam yang Mengganggu

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Menghitam dengan Cepat

Saat jerawat muncul, perjuanganmu tak hanya saat mengobati jerawatnya tapi berlanjut terus sampai noda bekas jerawatnya memudar sampai akhirnya benar-benar hilang.

Kadang kala, menghilangkan bekas jerawat lebih sulit dan lebih lama dibandingkan menyembuhkan jerawatnya. Jangan lelah duluan; ada kok, cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam tanpa butuh waktu lama!

Mengapa Jerawat sampai Meninggalkan Noda Hitam?

Pernahkah kamu mendengar istilah PIH atau post-inflammatory hyperpigmentation? PIH adalah istilah untuk menyebutkan noda yang ditinggalkan di kulit wajah setelah jerawat kempis dan menghilang. Warna nodanya tergantung dari warna kulit dan seberapa dalam noda yang terbentuk; ada yang kemerahan, cokelat, bahkan sampai hitam. 

Nah, kalau kamu memiliki kulit sawo matang atau gelap, maka kamu berpotensi untuk mempunyai bekas jerawat menghitam. Noda hitam ini nggak cuma diakibatkan oleh jerawat yang besar lho, tapi jerawat yang kecil dan yang dapat hilang dengan cepat pun dapat meninggalkan noda bekas jerawat. 

PIH terjadi saat kulit mengalami peradangan, bentuknya di sini adalah jerawat. Akibat luka yang disebabkan peradangan ini, tubuhmu memproduksi terlalu banyak melanin (zat pigmen kulit dan rambut) yang membuat warna kulit di tempat tumbuhnya jerawat menjadi menggelap. Noda gelap ini tetap ada saat jerawatmu sudah sembuh. 

Kadang PIH sebenarnya tidak terlalu gelap, tapi paparan sinar matahari di kulit wajahmu yang tak memakai sunscreen membuat noda bekas jerawat ini menjadi menghitam. Jika sudah begini, cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam pun menjadi lebih sulit dan membutuhkan waktu yang lama.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Menghitam dengan Produk Skincare

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Menghitam dengan Produk Skincare

Kabar buruknya, bekas jerawat yang menghitam butuh waktu antara 6-12 bulan untuk bisa tampak samar sampai akhirnya benar-benar pudar. Kabar baiknya, proses ini bisa dipercepat dengan produk-produk skincare wajah yang mengandung bahan aktif tepat sebagai cara mengatasi bekas jerawat yang menghitam.

Beberapa bahan aktif dalam produk skincare untuk bantu menghilangkan atau menyamarkan bekas jerawat adalah:

1. Vitamin C.

Vitamin antioksidan ini sering kali menjadi top of mind saat ingin menghilangkan bekas jerawat. Vitamin C memudarkan noda hitam dengan cara memecah pigmen di noda yang terbentuk serta mencegah terbentuknya melanin agar noda bekas jerawat tidak menghitam.

2. Niacinamide.

Salah satu bentuk dari Vitamin B3 ini memiliki sederet manfaat, salah satunya adalah memudarkan noda hitam di wajah. Kandungan lima persen niacinamide dalam produk untuk menghilangkan bekas jerawat yang menghitam sudah cukup, tak perlu sampai berlebihan.

3. Salicylic acid.

Merupakan zat asam yang masuk dalam kelompok BHA (beta-hydroxy acid), salicylic acid merupakan eksfolian yang dapat membantu meluruhkan sel-sel kulit mati dan menggelap akibat PIH. 

4. AHA.

Zat-zat asam yang masuk dalam kelompok AHA (alpha-hydroxy acid) seperti glycolic acid, lactic acid, dan mandelic acid juga dapat mengeksfoliasi kulit wajah sebagai cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam.

Hal yang harus kamu perhatikan dan waspadai saat memilih produk skincare untuk menyamarkan dan memudarkan bekas jerawat adalah kandungan merkuri. Kadang kandungan merkuri ini tidak tertulis di daftar komposisi produk tapi ternyata ada saat diuji. Merkuri memang dapat memudarkan noda hitam dengan cepat, tapi efek penggunaannya tak baik bagi tubuhmu karena dapat mengganggu fungsi organ-organ tubuh seperti ginjal dan saraf.