salicylic acid atasi jerawat pada wajah salicylic acid atasi jerawat pada wajah

Inilah yang Dilakukan Salicylic Acid pada Kulit Wajah Hingga Bisa Bantu Atasi Jerawat

Penggunaan acid atau asam dalam produk-produk skin care semakin banyak dan bervariasi. Salah satu asam yang mungkin sudah kamu pernah dengar namanya adalah salicylic acid atau asam salisilat, yang termasuk kelompok beta-hydroxy acid (BHA). Nggak hanya dapat mengeksfoliasi sel-sel kulit mati, asam ini juga dapat diandalkan untuk mengatasi jerawat dan merawat kulit yang rentan berjerawat.

Salicylic Acid, Eksfoliator untuk Kulit Berminyak

Sejak glowing skin menjadi skin goal beberapa tahun terakhir, kesadaran untuk melakukan eksfoliasi sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit wajah semakin meningkat. Nggak heran, karena kunci untuk mendapatkan kulit wajah yang glowing adalah kulit yang lembap, cerah, dan bersih menyeluruh. Bersih nggak hanya dari kotoran, tapi juga dari tumpukan sel-sel kulit mati yang berpotensi membuat kulit tampak kusam.

Eksfoliator ada dua jenis, yaitu fisik dan kimia. Eksfoliator kimia, yaitu eksfoliator yang bahan-bahan kandungannya akan menyerap ke dalam kulit saat digunakan, umumnya menggunakan asam. Sampai saat ini, asam yang biasa digunakan untuk eksfoliasi adalah kelompok alpha-hydroxy acids (AHA) dan beta-hydroxy acids (BHA), tapi kini hadir kelompok asam baru yaitu poly-hydroxy acids (PHA).

Salicylic acid, yang diekstrak dari kulit pohon willow, termasuk dalam kelompok BHA. Berbeda dari jenis asam dari kelompok AHA yang larut dalam air (di antaranya glycolic acid dan lactic acid), asam dari kelompok BHA larut dalam minyak. Kelebihan ini membuatnya dapat menembus lapisan minyak di antara sel-sel kulit lalu masuk jauh ke dalam lapisan kulit. tak hanya itu, asam salisilat juga dapat masuk ke dalam pori-pori untuk membersihkannya dari kotoran, minyak berlebih, dan tumpukan sel-sel kulit mati. 

Kemampuannya ini membuat para dokter kulit merekomendasikan penggunaan salicylic acid untuk jerawat dan kulit wajah yang berminyak. Walau begitu, asam ini juga aman digunakan untuk jenis kulit lainnya asalkan dalam konsentrasi rendah (1-2 persen). Jadi kamu nggak perlu khawatir jika dalam produk eksfoliatormu ada kandungan BHA sementara kulit wajahmu cenderung kering.

Manfaat Lain dari Salicylic Acid untuk Wajah

Salicylic acid memang andal dalam mengeksfoliasi kulit wajah, terutama jenis kulit wajah berminyak. Namun nggak hanya itu lho, yang dapat dilakukan jenis asam ini untuk kulit wajahmu. Berikut ini beberapa manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan saat menggunakan produk skincare dengan kandungan salicylic acid secara rutin:

  • Membantu mengatasi jerawat

Jerawat biasanya muncul saat pori-pori yang tersumbat kotoran, minyak berlebih, dan sel-sel kulit mati terpapar bakteri. Salicylic acid akan masuk ke dalam pori-pori lalu membersihkan semua ini sampai tuntas, sehingga jerawat jadi cepat kempes. Selain itu, sifat antiinflamasinya dapat membantu menenangkan jerawat yang meradang. 

  • Membasmi komedo

Komedo sangat potensial untuk berubah jadi jerawat kalau nggak segera dibasmi. Jadi saat komedo putih (whitehead) dan komedo hitam (blackhead) muncul di wajahmu, langsung aja gunakan asam salisilat untuk membasminya. Asam ini akan melunakkan komedo bahkan yang sudah keras sekalipun, lalu melepaskan ikatannya dengan sel-sel kulit sehingga bisa dikeluarkan dari pori-pori dengan mudah saat wajah dibersihkan.  

  • Membuat ukuran pori-pori tetap normal

Pori-pori normal pada kulit yang berminyak biasanya tampak lebih besar, sementara pada kulit yang kering tampak lebih kecil. Ukuran pori-pori bisa membesar saat di dalamnya terisi minyak berlebih, kotoran, dan sel-sel kulit mati. Penggunaan produk skincare yang mengandung salicylic acid secara rutin akan membantu membersihkan pori-pori dari semua zat tersebut sehingga ukurannya tetap normal.

Produk-Produk Garnier dengan Kandungan Salicylic Acid

Untuk mengakomodir kebutuhan kamu yang ingin menggunakan asam salisilat dalam merawat kulit wajah, Garnier menghadirkan rangkaian produk Bright Complete Anti Acne yang terdiri dari Garnier Bright Complete 3-in-1 Anti Acne Facial Wash dan Garnier Bright Complete Clear Up Anti Acne Serum Mask.

Kedua produk ini dilengkapi dengan bahan aktif berupa salicylic acid yang bekerja cepat melawan jerawat, serta Vitamin C yang mencerahkan kulit wajah dan memudarkan noda hitam bekas jerawat. Karena itu, cocok banget digunakan untuk merawat kulit wajah yang berminyak dan rentan berjerawat. Yuk, kenalan dengan keduanya!

  • Garnier Bright Complete 3-in-1 Anti Acne Facial Wash

Pembersih wajah yang mengandung salicylic acid ini merupakan pembersih wajah pertama dari Garnier yang terbukti dapat membasmi 99,9% bakteri penyebab jerawat, yaitu bakteri Cutibacterium acnes dan Staphylococcus aureus. Dengan kandungan salicylic acid dan Vitamin C-nya yang mencerahkan wajah, produk ini juga bekerja dengan tiga aksi, yaitu:

  1. Membersihkan pori-pori secara menyeluruh dan mengurangi minyak berlebih.
  2. Melawan bakteri penyebab jerawat.
  3. Mengurangi kusam sehingga kulit wajah tampak lebih cerah.
  • Garnier Bright Complete Clear Up Anti Acne Serum Mask

Untuk perawatan mingguan dalam melawan jerawat dan noda hitam, kamu bisa menggunakan tissue mask yang memiliki kandungan yang setara sebotol serum ini. Bahan-bahan aktif di dalamnya powerful banget lho, yaitu salicylic acid, niacinamide, dan Vitamin C dengan total sebanyak tiga persen. Serum Mask ini merupakan masker pertama dari Garnier yang mengandung salicylic acid, dan dapat digunakan oleh semua jenis kulit.

Dari hasil uji konsumen yang menggunakan Garnier Bright Complete Clear Up Anti Acne Serum Mask, diperoleh hasil berikut: 

  • Setelah pemakaian 15 menit: 100% konsumen setuju kulit wajah tampak cerah dan 82% konsumen setuju jerawat dan noda bekas jerawat tampak lebih samar.
  • Setelah pemakaian satu minggu: 95% konsumen setuju kalau luka bekas jerawat tampak samar.
  • Setelah pemakaian dua minggu: 100% konsumen setuju kalau jerawat tidak muncul kembali.

Jangan lupa untuk rutin menggunakan Garnier Bright Complete Vitamin C 30X Booster Serum untuk merawat kulit wajahmu sehari-hari. Serum dengan kandungan 30X Vitamin C murni dari lemon yuzu Jepang ini mudah meresap untuk aksi cepat mencerahkan noda hitam dan memudarkan bekas jerawat. Aplikasikan setiap pagi dan malam hari setelah membersihkan wajah menggunakan Garnier Bright Complete 3-in-1 Anti Acne Facial Wash dan sebelum menggunakan pelembap.

Setelah tau manfaat salicylic acid untuk kulit wajahmu, jadi nggak ragu dong, untuk menggunakan Garnier Bright Complete Anti Acne? Langsung aja dapatkan produk-produknya di website Garnier Indonesia dan di toko resmi Garnier Indonesia di e-commerce/marketplace, atau beli langsung di supermarket, minimarket, toko kosmetik, dan drugstore terdekat.