cara bleaching rambut cara bleaching rambut

Anti Gagal! Ini Cara Bleaching Rambut di Rumah

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat penampilan lebih menarik, salah satunya adalah bereksperimen dengan berbagai warna rambut.

Namun untuk mendapatkan warna rambut idaman yang terlihat nyata dan terang, kamu harus bleaching rambut terlebih dahulu.

Sayangnya, saat pandemi ini kamu memilih tidak pergi ke salon dan mewarnai rambut sendiri di rumah.

Bagaimana dengan bleaching? Kamu bisa ikuti tips praktis cara bleaching rambut sendiri di rumah. Nggak kalah dengan hasil bleaching di salon, lho.

 

Berbagai Alasan Orang Mewarnai Rambut

Bisa mendapatkan warna rambut yang sesuai harapan merupakan alasan kamu mempelajari cara bleaching rambut.

Sebenarnya, apa sih alasan orang gemar mewarnai rambut? Dirunut dari sejarahnya, ternyata tindakan pewarnaan rambut sudah dilakukan sejak berabad-abad lalu, dengan berbagai alasan, di antaranya:

Memperindah warna alami rambut

Bersyukurlah bahwa teknologi pewarna rambut kini sudah semakin canggih dan inovatif, serta menggunakan formula yang mengurangi efek merusak rambut.

Mewarnai rambut saat ini juga punya manfaat memperindah dan melindungi kondisi rambut asli, karena kemampuannya untuk melapisi kutikula rambut, sehingga rambut terlihat lebih sehat dan indah. Selain itu, dengan pewarnaan yang tepat, rambut akan terlihat lebih berisi, lho!

Mengikuti tren

Nggak bisa dipungkiri bahwa ada suatu kesenangan tersendiri saat kamu bisa ikutan tren, termasuk tren warna rambut.

Nggak heran kalau tidak sedikit orang mengubah warna rambut sesuai dengan musim, misalnya lebih cerah dan hangat di saat musim panas, serta lebih gelap dan dingin untuk musim-musim yang lebih dingin.

Mengubah warna rambut kini juga disesuaikan dengan tren fashion, sehingga makin seru dan menarik.

Menutupi uban

Rambut putih alias uban yang muncul tanpa diundang kadang bisa mengurangi rasa percaya diri. Untuk menutupinya, orang melakukan pewarnaan rambut.

Bisa dengan pewarna yang mirip warna asli rambut, atau dengan warna-warna yang fancy. Kamu bisa pilih pewarna rambut temporer, semi permanen, atau yang permanen.

Memberi dimensi bagi rambut

Rambut dengan warna asli biasanya terlihat lebih flat dan kurang menarik. Cara untuk membuat rambut lebih berdimensi dan bertekstur adalah dengan menambahkan pewarna di beberapa bagian rambut, misalnya dengan teknik highlight, sehingga potongan rambutmu menjadi lebih terlihat.

Menyesuaikan dengan warna kulit

Tidak jarang kita merasa kurang puas dengan warna rambut asli yang tampak kurang serasi dengan warna kulit. Cara untuk menyiasatinya adalah dengan menggunakan pewarna rambut.

 

Mengapa Perlu Bleaching Rambut?

Sebelum memulai mewarnai rambut, terutama buat kamu yang sering melakukan pewarnaan atau yang punya warna rambut asli yang cukup gelap, kamu perlu melakukan hair bleaching atau tindakan menghilangkan warna asli rambut.

Tanpa tindakan ini, pewarna rambut sulit untuk meresap sempurna ke batang rambut, sehingga hasil akhirnya kurang optimal meskipun pewarna rambut sudah diaplikasikan cukup lama.

Cara bleaching rambut adalah menggunakan bahan alkali tertentu yang membuka kutikula rambut, sehingga saat diwarnai nanti, pigmen di pewarna rambut bisa meresap ke dalam helai rambutmu.

Setelah menggunakan bahan alkali, rambut juga akan diberikan bahan oksidatif yang meresap ke dalam korteks rambut dan menghilangkan zat melanin alami rambut (zat yang memberi warna asli rambutmu).

Jadi jangan heran kalau setelah melalui proses ini, helai rambutmu akan berubah total menjadi kekuningan atau kemerahan, bahkan platinum blonde, bergantung kepada tone warna asli rambutmu.

 

Yuk, Pelajari Cara Bleaching Rambut Sendiri!

Jangan membayangkan cara bleaching rambut sebagai proses yang rumit, karena saat ini kamu juga bisa melakukannya sendiri di rumah dengan cara yang aman dan hasil yang tidak kalah dengan hasil bleaching di salon. Cara bleaching rambut sendiri di rumah adalah sebagai berikut:

Pilih produk hair bleaching yang berkualitas baik.

Siapkan perlengkapan seperti mangkuk plastik, kuas, juga sarung tangan plastik. Jangan gunakan perangkat dari logam, karena bahan kimia di produk bleaching maupun pewarna rambut biasanya akan bereaksi saat terkena logam.

Bubuk hair bleaching cukup keras dan dapat mengiritasi kulit, sehingga pastikan produk tidak terkena langsung di kulit. Caranya, kamu bisa oleskan baby oil atau petroleum jelly di kulit wajah yang dekat dengan garis rambut. Jadi jika bleach terkena kulit saat diaplikasikan, kulit kamu sudah terlindungi.

Siapkan handuk atau kain sebagai alas, sebaiknya yang berwarna putih. Ini disebabkan produk hair bleaching juga bisa merusak warna kain.

Cara bleaching rambut dimulai dengan mencampurkan krim developer dan bubuk hair bleach sebagaimana yang tertulis di kemasannya. Jangan membuat rasio campuran sendiri ya.

Aplikasikan campuran tadi dengan menggunakan kuas pewarna rambut ke bagian rambut yang ingin kamu ubah warnanya. Pastikan aplikasinya sedekat mungkin dengan akar rambut, tetapi tidak mengenai kulit kepala.

Biarkan selama beberapa waktu sampai warna rambut merah, kuning atau pirang, sesuai instruksi di kemasan. Setelah itu, berikan toner seperti yang diinstruksikan, lalu bilas sampai rambut benar-benar bersih.

Akhiri proses bleaching dengan menggunakan hydrating hair mask. Biasanya produk ini juga sudah tersedia dalam kemasan produk hair bleaching-mu. Gunanya adalah untuk melindungi rambut agar tidak kering dan patah.

 

Lanjutkan dengan Mewarnai Rambut

Setelah menerapkan cara bleaching rambut dan warna rambut asli berhasil dihilangkan, kamu bisa lanjutkan prosesnya dengan mewarnai rambut sesuai selera. Sebagai rekomendasi, kamu bisa gunakan pewarna rambut dari Garnier Hair Color, yaitu Garnier Color Naturals.

Produk pewarna rambut permanen ini mampu menutrisi rambut sekaligus memberi warna lebih indah dan tetap terawat, tanpa reaksi amonia dengan wangi yang lembut.

Diperkaya dengan bahan-bahan alami berupa 3 natural oils, yaitu Avocado, Olive and Almond, juga kondisioner dengan kandungan fruit vitamins & oils (di kemasan kit). Dengan Garnier Color Naturals, kamu bisa mendapatkan warna rambut 5X lebih berkilau dan terawat dengan warna yang lebih indah.

Cara pakainya mudah, kok, kamu tinggal ikuti langkah-langkahnya:

Di kemasan Garnier Color Naturals ada kertas instruksi yang perlu diikuti. Kamu baca dan pelajari baik-baik, ya. Sebaiknya kamu juga melakukan tes alergi paling tidak 48 jam sebelum mewarnai rambut untuk memastikan produk ini aman untukmu.

Sama seperti cara bleaching rambut, sebelum mewarnai rambut, oleskan petroleum jelly atau baby oil di kulit wajah dekat garis rambut agar kamu mudah membersihkan cipratan pewarna rambut yang mungkin mengenai kulit wajah.

Ikuti langkah-langkah pewarnaan rambut seperti yang ada di kertas instruksi. Setelah itu, tunggu sesuai waktu yang dianjurkan lalu bilas rambut sampai bersih.

 

Lakukan Perawatan Pasca Bleaching dan Pewarnaan

Bagaimanapun, tindakan bleaching dan pewarnaan yang menggunakan bahan-bahan kimia keras dapat membuat rambut terasa kering dan mudah patah.

Untuk mencegah rambutmu rusak, pastikan selalu menggunakan shampo, kondisioner, dan masker rambut yang khusus untuk rambut diwarnai, atau yang punya formula hydrating yang melembapkan.

Perlu kamu ketahui bahwa sebaiknya hair bleaching dan pewarnaan tidak dilakukan dalam kondisi hamil, karena bahan kimia di dalamnya dapat meresap ke dalam kulit dan memengaruhi kondisi janin.

Selain itu, hindari juga melakukan hair bleaching dalam waktu yang berdekatan karena bisa membuat rambutmu makin kering dan rapuh.

Nah, setelah tahu cara bleaching rambut yang anti gagal, kamu pasti makin penasaran untuk mencobanya, kan? Setelah itu, warnai rambutmu dengan Garnier Color Naturals pilihanmu.

Untuk mendapatkannya, kamu bisa beli secara online di situs resmi Garnier Indonesia dan di akun resmi Garnier di berbagai e-commerce/marketplace terkemuka. Kamu juga bisa beli langsung di supermarket, minimarket, serta drugstore terdekat.