pewarna rambut pria pewarna rambut pria

Hair Styling Tips 101: Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Pewarna Rambut Pria

Apa sih, alasan lo mewarnai rambut? Supaya tampil lebih gaya dengan warna-warna kekinian, atau untuk menutupi uban yang mulai muncul di sana-sini?

Sebelum ambil keputusan untuk mewarnai rambut, ada beberapa hal yang perlu lo ketahui, supaya nggak salah pilih warna rambut atau salah pilih produk pewarna rambut pria.

 

Pewarna Rambut Banyak Jenisnya

Bicara soal pewarna rambut pria, di pasaran ada banyak sekali opsi buat lo, Men. Misalnya lo mau warna rambut yang lebih terang, lebih gelap, pewarna rambut khusus buat highlight, bahkan pewarna rambut alami untuk menutup uban. Berdasarkan tipenya, ini dia macam-macam pewarna rambut:

Pewarna rambut permanen

Sesuai namanya, pewarna rambut jenis ini bakal stay di rambut lo dalam waktu lama. Cara pakainya biasanya dicampur dengan krim khusus yang namanya developer yang gunanya untuk mengaktifkan pewarna rambut.

Pewarna rambut jenis permanen bisa mengubah struktur warna rambut lo, cara kerjanya adalah membuka permukaan kutikula rambut, lalu warna yang ada akan meresap hingga ke dalam batang rambut. Setelah pewarnaan selesai, kutikula akan kembali menutup sehingga warna akan bertahan di dalam rambut lo.

Pewarna rambut jenis permanen ini, baik yang membuat warna rambut lebih terang maupun lebih gelap, tidak akan memudar walaupun dikeramas berulang-ulang, tetapi warna asli rambut lo akan kelihatan seiring rambut lo tumbuh.

Jadi, kalau lo pilih pewarna rambut pria ini, beberapa minggu sekali lo perlu touch-up di bagian akarnya supaya warna rambut tidak kelihatan belang.

Pewarna rambut semi-permanen

Pewarna rambut jenis ini biasanya formulanya menggunakan amonia dengan kadar rendah. Cara pakainya mirip dengan pewarna rambut permanen, yaitu dengan dicampur dengan developer.

Pewarna rambut jenis ini bekerja dengan membuka permukaan kutikula rambut, lalu warnanya akan meresap ke dalam batang rambut, sekaligus membuat rambut lebih glossy.

Kalau lo cari pewarna rambut yang cocok buat menutup uban, ini bukan pewarna rambut yang pas buat lo, karena formulanya ringan banget.

Uban nggak akan bisa tertutup dengan sempurna, jadi akan masih kelihatan warna terang di rambut meskipun agak samar-samar.

Pewarna rambut semi permanen cocok buat mempercantik warna alami rambut, memperbaiki warna rambut yang off-tone, misalnya yang berubah menjadi brassy atau ashy setelah terkena klorin atau sinar matahari dalam waktu lama.

Pewarna rambut ini akan pudar secara berangsur-angsur, Men, mungkin sekitar 12-24 kali keramas. Jadi kalau lo suka gonta ganti warna rambut, lo bisa pakai pewarna rambut jenis ini.

Pewarna rambut semi permanen

Nah, kalau lo cari pewarna rambut yang formulanya lembut, tidak mengandung amonia, dan nggak perlu dicampur dengan krim developer, pewarna rambut semi permanen adalah yang tepat.

Pewarna rambut jenis ini hanya melapisi helaian rambut, beda dengan pewarna rambut permanen yang pigmennya meresap sampai ke dalam batang rambut.

Banyak orang yang memilih pewarna rambut jenis ini sebagai campuran warna highlight, membuat warna rambut yang mulai pudar kembali fresh, atau mempercantik warna rambut yang off-tone.

Bergantung pada kondisi rambut masing-masing, pewarna rambut pria jenis ini biasanya bisa bertahan antara 4 sampai 12 kali keramas, sebelum pelan-pelan memudar.

Pewarna rambut temporer

Pewarna rambut ini juga banyak dipilih orang, karena bisa langsung mengubah warna rambut. Di pasaran biasanya dijual dalam bentuk bubuk, padat, atau semprot.

Biasanya dijual dalam macam-macam warna seru, cocok buat pesta kostum atau acara-acara tertentu. Pewarna rambut ini cukup baik buat nutupin uban, Men, tapi sayangnya dalam sekali keramas aja, warna rambut lo akan balik lagi ke warna aslinya.

Pewarna rambut pria biasanya dirancang dengan cara pemakaian yang praktis dan sifatnya semi permanen. Jadi buat lo yang nggak mau akar rambutnya cepat terlihat belang, atau kalau cari pewarna rambut hitam alami, biasanya akan direkomen buat pakai pewarna rambut jenis ini.

 

Jangan Lupa Perawatan Rambut

Nggak masalah jenis pewarna rambut pria yang lo pilih, Men, tapi yang penting, jangan abaikan perawatan setelah pewarnaan supaya warna rambut lebih awet dan kulit kepala serta kondisi batang rambut juga tetap sehat.

Setiap seminggu sekali, setidaknya beri nutrisi rambut dengan pakai hair mask atau creambath. Lalu buat perawatan rambut sehari-hari, tambahkan kondisioner yang formulanya khusus untuk merawat rambut diwarnai.

 

Pewarna Rambut Pria yang Anti Ribet

Jangan sampai deh, keganggu urusan uban, sementara urusan pekerjaan nggak bisa ditunda-tunda. Sekarang ada Garnier Men Shampoo Color, yaitu pewarna rambut semudah shampoo. Cuma #5MenitAntiRibet, masalah uban lo akan langsung beres.

Nggak perlu takut rambut bakalan rusak atau gampang rontok, Men, soalnya Garnier Men Shampoo Color ini pewarna rambut yang bagus untuk pria, ada kandungan argan oil yang dikenal dapat menutrisi rambut dan ekstrak dark coffee yang merupakan pewarna rambut alami.

Formulanya tanpa amonia, sehingga lebih sehat buat rambut lo. Garnier Men Shampoo Color bakal bikin uban lo ketutup sempurna, Men, jadi hasilnya bakal terlihat lebih alami.

Yang lebih nyamannya lagi, pewarna rambut pria ini bisa bertahan sampai 5 minggu, Men, jadi nggak bikin lo harus bolak balik touch-up. Ada 2 warna yang bisa lo pilih: hitam alami atau yang cokelat kehitaman.

 

Pewarna Rambut yang Pemakaiannya Semudah Shampo

Kalau lo baru pertama kali mewarnai rambut, kadang ada perasaan deg-degan, apalagi kalau mau coba sendiri di rumah. Tapi nggak usah khawatir, karena Garnier Men Shampoo Color adalah pewarna rambut yang cara pakainya semudah pakai shampo sehari-hari.

Begini langkah-langkah pemakaiannya:

Pakai sarung tangan yang sudah ada di dalam kemasan.

Tuang produk ke telapak tangan, aduk merata dengan menggunakan jari.

Di rambut yang kering, usap-usapkan produk sampai rata, persis kayak pakai shampo biasa.

Diamkan dulu selama 5 menit, lalu bilas pakai air sampai benar-benar bersih. Jangan pakai air panas, ya, soalnya bisa bikin warnanya luntur lagi.

Pakai pewarna rambut pria Garnier Men Shampoo Color yang anti ribet supaya penampilan rambut lo tetap oke tanpa gangguan uban. Lo bisa langsung beli produknya secara online di website Garnier Indonesia dan di akun resmi Garnier di e-commerce/marketplace, atau beli langsung di supermarket, minimarket, toko kosmetik, dan drugstore terdekat di kota lo.