cara menghilangkan bleaching rambut cara menghilangkan bleaching rambut

Simple! Ini Cara Menghilangkan Bleaching Rambut di Rumah

Agar tampilan warna rambutmu terlihat nyata dan intens, kamu mungkin memilih untuk melakukan bleaching terlebih dahulu sebelum melakukan pewarnaan.

Warna rambut yang kemudian diaplikasikan memang jadi terlihat nyata. Namun yang nggak disadari banyak orang, jika dilakukan asal-asalan, bleaching bisa sangat merusak rambut dan efeknya pada rambut bersifat permanen.

Karena itu, tidak ada cara menghilangkan bleaching rambut secara instan yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan kondisi rambutmu ke seperti semula.

Kenyataan ini memang pil pahit yang harus ditelan karena kamu nggak lebih dulu cari informasi tentang bleaching sebelum melakukannya.

Walau begitu, ada kok, cara menghilangkan bleaching rambut yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki kondisi rambut sekaligus membuat penampilannya lebih indah. 

 

Bleaching dan Dampaknya ke Rambut

Pada dasarnya, bleaching merupakan proses menghilangkan pigmen rambut asli (disebut melanin) dengan memecahnya jadi sangat kecil sehingga warna rambutmu terlihat lebih terang.

Proses bleaching akan dilakukan beberapa kali sampai warna yang dibutuhkan bisa dihasilkan. Awalnya, warna rambutmu akan berubah jadi kemerahan atau kekuningan. Setelah beberapa kali bleaching, akhirnya rambutmu bisa terlihat seperti warna platinum. 

Nah, setiap kali kamu melakukan bleaching, kutikula rambutmu akan dibuka supaya bahan alkali yang ‘memutihkan’ rambut bisa bekerja di dalam rambut.

Saat bahan alkali ini memecah pigmen rambutmu (biasanya menggunakan hidrogen peroksida), ia ikut memecah ikatan protein di rambut sejumlah 15-20 persen.

Jika kamu melakukan bleaching beberapa kali, maka ikatan protein yang pecah akan semakin banyak sehingga kondisi rambutmu menjadi sangat berpori, membuatnya kering dan rapuh. Jika tidak segera diatasi, rambut akan mudah patah dan ujung-ujung rambut menjadi pecah.

Karena itu sangat disarankan kamu untuk melakukan bleaching di salon dan dilakukan oleh hair colorist profesional, terutama jika kamu melakukannya pertama kali dan ingin mendapatkan hasil yang ekstrem.

Ia akan memastikan proses bleaching rambutmu dilakukan dengan benar, menggunakan produk yang tepat dan berkualitas, dilakukan secara bertahap, serta menyarankan perawatan rambut yang tepat pasca bleaching.

Dengan demikian, dampak kerusakan proses bleaching ke rambut menjadi minimal. 

 

Cara Menghilangkan Bleaching Rambut sekaligus Merawat Rambut

Karena menghilangkan bekas bleaching pada rambut merupakan hal yang tak mungkin dilakukan, yang bisa kamu lakukan adalah menunggu rambut tumbuh kembali, menutupinya dengan cat rambut, dan pada saat bersamaan merawat rambut agar menjadi lebih sehat.

Cara-cara yang dapat kamu lakukan di antaranya adalah:

Keramas dengan cara yang tepat

Rambut yang di-bleaching sebaiknya jangan terlalu sering dicuci karena dapat membuat minyak alami yang melembapkan rambut jadi hilang. Kamu bisa keramas maksimal 2-3 hari sekali dan pastikan menggunakan air dingin. Air yang hangat atau panas akan membuat rambutmu semakin kering. 

Untuk shampo dan kondisionernya, pilih yang mengandung keratin untuk memperbaiki serat rambut serta pelembap untuk melembapkan rambutmu yang sangat kering dan mencegah rambutmu terlihat kusam.

Hindari shampo dan kondisioner yang mengandung sulfat karena cenderung membuat rambut kering. 

Lakukan perawatan rambut yang intensif

Menggunakan shampo dan kondisioner aja nggak cukup lho, untuk merawat rambut yang di-bleaching. Kamu butuh produk perawatan rambut yang kaya nutrisi sehingga dapat merawat rambutmu yang rusak dengan intensif.

Seminggu sekali, gunakan masker rambut khusus untuk rambut diwarnai untuk menutrisi rambutmu. Kamu juga bisa mengoleskan hair oil di kulit kepala dan rambut setiap sebelum keramas, lalu diamkan selama 1-2 jam untuk menutrisi rambut.

Pilih minyak yang sudah terbukti bermanfaat untuk memperbaiki rambut yang rusak dan dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut, seperti minyak kelapa, minyak zaitun, minyak argan, minyak kemiri, minyak castor, dan minyak squalene.

Menutupi rambut dengan mewarnainya

Cara menghilangkan bleaching rambut ini sebaiknya tidak dilakukan langsung setelah selesai bleaching. Hair colorist profesional akan tahu waktu yang tepat untuk mewarnai rambutmu, jadi sebaiknya ikuti saran-sarannya.

Kamu bisa mewarnai rambut dengan teknik ombre dengan warna rambut yang paling mendekati warna rambut aslimu di bagian atas dan dibuat gradasi menjadi lebih terang ke bagian bawah. Dengan demikian, saat rambutmu tumbuh dengan warna asli, kamu tidak perlu touch up.

Lindungi rambut dengan maksimal

Jaga agar rambutmu tidak terpapar suhu panas tinggi atau bahan-bahan kimia keras yang semakin memperparah kondisinya.

Karena itu, sebaiknya hindari dulu menggunakan alat-alat penata rambut panas. Kamu juga harus menghindari paparan sinar matahari terik di rambut dengan menutupi rambut menggunakan topi bertepi lebar atau payung.

Jika ingin berenang di kolam atau di laut, basahi terlebih dahulu rambutmu dengan air bersih sebelum masuk ke dalam air, lalu segera bilas rambut dengan air bersih begitu selesai untuk menghilangkan paparan klorin dan air garam.

 

Cara Menghilangkan Bleaching Rambut dengan Mewarnainya

Jika kamu belum bisa ke salon untuk mewarnai rambut setelah mengistirahatkan rambut selesai proses bleaching, kamu bisa kok mewarnai rambut sendiri di rumah.

Tentunya harus menggunakan pewarna rambut yang mengandung bahan-bahan alami yang merawat rambut, agar hasil dari cara menghilangkan bleaching rambut ini bisa optimal.

Untuk menutupi rambut yang di-bleaching, kamu bisa gunakan Garnier Color Naturals. Pewarna rambut permanen ini nggak hanya memberi warna rambut yang indah dan intens, tapi juga merawatnya agar tetap sehat.

Selain tanpa reaksi amonia, formulanya mengandung 3 Natural Oils dari Avocado, Almond, dan Olive yang membantu menutrisi rambutmu sehingga tampak 5X lebih berkilau.

Nggak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan kondisioner yang mengadung fruit vitamins & oils untuk perawatan setelah mewarnai (hanya di kemasan kit). 

Sebagai cara menghilangkan bleaching rambut, Garnier Hair Color ini menghadirkan dua varian dengan berbagai warna, yaitu:

Garnier Color Naturals Crème Riche yang membantu menutup uban dengan warna-warna rambut yang natural dan berkilau. Varian warna-warnanya terdiri dari 1 Hitam Alami, 3 Coklat Kehitaman, 3.16 Burgundy Alami, 4 Coklat, 5.32 Coklat Caramel, dan 6.64 Merah Berry.

Garnier Color Naturals Ultra Color yang membuatmu tampil fashionable dengan warna-warna menyala bahkan di rambut yang gelap. Warna-warnanya terdiri dari 3.1 Midnight Blue, 6.26 Plum Red, 6.62 Cranberry Red, 7.3 Golden Brown, dan 7.65 Raspberry Red. 

Cara menghilangkan bleaching rambut jadi lebih simpel dengan Garnier Color Naturals.

Nggak perlu tunggu lebih lama lagi, langsung aja dapatkan produknya secara online di situs resmi Garnier Indonesia, juga di akun resmi Garnier di berbagai e-commerce/marketplace terkemuka. Kamu juga bisa beli langsung di supermarket, minimarket, serta drugstore terdekat.