cara-memakai-masker-wajah-yang-benar cara-memakai-masker-wajah-yang-benar

Apakah Cara Memakai Masker Wajah Kamu Sudah Benar? Cek Dulu, Yuk!

Ada banyak jenis masker wajah yang dijual di pasaran. Salah satu yang menjadi favorit saat ini adalah sheet mask atau masker tisu karena lebih praktis.

Selain itu, masker wajah yang pertama kali populer di Korea Selatan ini juga memiliki beragam kandungan nutrisi, yang bila digunakan sesuai dengan kebutuhan kulit, dapat membantu menyehatkan kulit wajah.

Tentunya jika cara memakai masker wajah yang kamu lakukan sudah benar.

 

Berbagai Variasi Cara Memakai Masker Wajah

Dalam dunia skincare, menggunakan masker sudah lama dilakukan untuk merawat kulit wajah. Awal mulanya adalah masker wajah dalam bentuk ramuan dari bahan alami.

Semakin maju perkembangan teknologi, semakin banyak pula jenis masker dengan kemudahan penggunaan dan manfaat yang instan.

Agar tidak salah, ikuti panduan cara memakai masker wajah berdasarkan jenis maskernya berikut ini:

Clay mask

Clay Mask sudah digunakan sejak jaman dulu. Masker ini memiliki banyak manfaat kecantikan seperti menyerap racun di kulit atau detoks dan cocok untuk kulit yang cenderung berjerawat.

Cara menggunakan masker wajah jenis ini adalah dengan mengoleskannya merata di wajah yang sudah dibersihkan, kemudian diamkan hingga mengering lalu bilas dengan air hangat.

Gel mask

Masker berbentuk gel ini ditujukan untuk kamu yang punya jenis kulit sensitif dan dehidrasi.

Soalnya, masker gel punya tekstur yang lembut, ringan, dan mudah diserap. Bahan-bahan seperti mentimun, teh hijau, dan mint biasanya ditemukan dalam masker ini karena melembabkan dan menenangkan kulit sambil mengencangkan dan merawatnya.

Cara memakai masker wajah ini juga sangat praktis karena seperti memakai pelembab biasa. Setelah dioleskan merata, diamkan beberapa saat, kemudian dibilas dengan air hangat.

Peel-off mask

Kalau kamu ingin wajah bersih dan cerah seketika, maka menggunakan peel-off mask adalah pilihan tepat.

Masker ini ampuh menghilangkan sel kulit mati, debu, minyak, dan komedo dari kulit wajahmu.

Cara memakai masker wajah ini adalah dengan mengoleskan masker yang biasanya dalam bentuk gel, diamkan hingga mengering kemudian kelupas perlahan hingga bersih.

Namun, untuk kamu yang punya kulit sensitif, sebaiknya menghindari jenis masker satu ini, ya.

Sheet mask

Jenis masker satu ini adalah yang paling disukai banyak orang. Kelebihan dari sheet mask adalah masker ini melembapkan dan menutrisi kulit secara instan karena kandungan serum yang tinggi.

Cara memakai sheet mask sangat mudah dan praktis. Kamu cukup menempelkan sheet mask di wajah bersihmu, kemudian tunggu hingga waktu yang diinstruksikan sambil relaksasi.

Jenis masker ini juga bisa memiliki bermacam kandungan bahan-bahan aktif yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulitmu.

Baca juga: 3 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Saat Memakai Masker Pencerah Wajah

 

Pilihan Masker Terbaik untuk Wajahmu

Bagi kamu yang ingin melembapkan kulit wajah secara instan dan menutrisi kulit dengan bahan aktif yang sesuai dengan kondisi kulit wajah, maka Garnier Serum Mask menjadi pilihan masker terbaik untukmu.

Masker tissue ini akan menutrisi kulit wajahmu dengan intensif karena kandungan nutrisi di dalamnya sama kadarnya dengan serum untuk pemakaian satu minggu.

Ada 9 varian Garnier Serum Mask yang dapat kamu pilih sesuai jenis kulit dan kebutuhan kulit wajahmu:

Garnier Serum Mask Hydra Bomb Lavender memberi rasa nyaman dan relaksasi yang menyegarkan bagi kulit yang lelah.

Garnier Serum Mask Ageless White Grape Seed untuk perawatan kulit yang mengalami penuaan dini, membuat kulit lebih kencang, segar, dan cerah.

Garnier Serum Mask Hydra Bomb Pomegranate untuk membuat kulit kering menjadi segar dan elastis.

Garnier Serum Mask Light Complete untuk mencerahkan kulit kusam dan menyamarkan noda hitam.

Garnier Serum Mask Light Complete Bright Up untuk mencerahkan, melembapkan, dan melembutkan kulit kusam seketika.

Garnier Serum Mask Sakura White untuk membuat kulit kusam menjadi lembut, tampak cerah merona, dan glowing.

Garnier Black Serum Mask Pure Charcoal Black Rice untuk membersihkan kulit kusam secara menyeluruh dan mendalam, serta mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit cerah.

Garnier Black Serum Mask Pure Charcoal Black Algae untuk membersihkan kulit berminyak secara menyeluruh dan mendalam, serta mengangkat komedo dan menghaluskan pori-pori.

Garnier Serum Mask Hydra Bomb Green Tea untuk mengurangi minyak berlebih dan menyamarkan pori-pori besar di kulit berminyak. Terpilih sebagai Best Sheet Mask di Female Daily Best of Beauty Awards 2018.

Baca juga: Pelajari Dulu Cara Pakai Masker untuk Kulit Kering agar Kulit Lekas Lembap

 

Langkah Tepat Memakai Sheet Mask Garnier

“Setelah pakai sheet mask cuci muka atau tidak, sih?” Untuk tahu jawabannya, kamu bisa simak cara memakai masker wajah Garnier Serum Mask berikut ini. Sebelumnya menggunakan sheet mask ini, pastikan tangan dan wajah kamu sudah bersih dari kotoran, ya.

Tempelkan di wajah yang bersih

Langkah awal cara memakai masker wajah yang tepat adalah dengan menempelkan masker ke wajah yang sudah bersih dengan menggunakan dua tangan.

Pastikan letak masker wajah benar-benar pas. Ratakan dengan menggunakan jari atau menarik ujung masker di bagian kanan dan kiri untuk menghindari lembaran masker bergelembung.

Ukuran masker masih terasa juga kurang pas di wajah? No worries, kamu tinggal sesuaikan lagi dengan cara menggunting masker.

Namun, pastikan juga gunting yang kamu pakai dalam keadaan bersih atau steril, ya! Selain itu, ikuti cara memakai masker wajah sesuai durasinya.

Pasalnya, masing-masing masker memiliki aturan sendiri mengenai durasi waktu yang diperlukan bagi masker wajah untuk bisa bekerja secara efektif.

Ikuti instruksi durasi pemakaian

Cara memakai masker wajah selanjutnya adalah mendiamkan masker sesuai instruksi durasi pemakaian, jangan sampai waktunya kurang atau berlebih.

Kalau tidak sesuai instruksi, hasil yang diperoleh bisa jadi kurang maksimal. Umumnya, durasi pemakaian sheet mask adalah selama 15 menit.

Tak perlu dibilas!

Bila sudah didiamkan sesuai dengan durasi yang tertera di kemasan, lepaskan masker wajah secara perlahan. Kemudian, pijat sisa cairan serum yang ada di wajah agar benar-benar terserap dengan maksimal.

Hindari membilas atau menghapus serum yang masih tersisa di wajah. Dengan begitu, nutrisi baik dalam kandungan serum tidak terbuang dan justru bisa menyerap dengan maksimal di kulit.

Kunci nutrisi masker dengan pelembap

Berdasarkan 10 skincare step ala Korea, setelah menggunakan masker, kandungan nutrisinya dapat kamu ‘kunci’ dengan pelembap.

Ini yang menjadi bagian dari cara memakai masker wajah, yaitu menggunakan day cream atau night cream.

Misalnya, agar wajah merona, kamu bisa pakai Garnier Sakura White Serum Day Cream SPF30 dan Garnier Sakura White Serum Cream Night.

Tapi kalau menginginkan wajah yang cerah dengan cepat, gunakan Garnier Light Complete White Speed Serum Day Cream SPF36 dan Garnier Light Complete White Speed Sleeping Mask Night.

Bukan hanya cara menggunakan sheet mask yang benar saja yang perlu diperhatikan, pemakaian yang rutin juga sangat penting untuk kamu lakukan. Gunakan masker wajah tiga kali seminggu agar wajah senantiasa sehat, lembap, halus, dan ternutrisi.

Tertarik menerapkan cara memakai masker wajah di atas? Seluruh Garnier Serum Mask ini bisa kamu dapatkan di website resmi Garnier Indonesia atau bisa kamu beli langsung di toko kosmetik, supermarket, atau counter penjualan Garnier terdekat.