cara menghilangkan bekas jerawat di pipi cara menghilangkan bekas jerawat di pipi

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi yang Sulit Pudar dengan Cepat dan Alami

Mungkin kamu merasa kesal sekali saat ada jerawat muncul di pipi. Tak hanya kamu harus telaten mengobati jerawat sampai sembuh dan kempis, tapi kamu juga harus sabar menunggu sampai noda bekas jerawat pudar. Namun jika noda bekas jerawat sampai menghitam karena hiperpigmentasi, maka proses menghilangnya akan cukup lama.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi yang Sulit Pudar dengan Cepat dan Alami

Kalau selama ini kamu mengalami hal yang sama dan sudah melakukan berbagai macam cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi tapi tidak berhasil, kamu harus terlebih dahulu paham tentang noda bekas jerawat dan hubungannya dengan hiperpigmentasi.

Bekas Jerawat Hitam Membandel akibat Hiperpigmentasi

Jerawat muncul di wajah, termasuk di pipi, berpotensi untuk meninggalkan noda, baik noda kemerahan sampai noda hitam.  Saat kulit meradang dan jerawat muncul, sistem imun tubuhmu akan bereaksi. Salah satu bentuknya adalah sel-sel melanosit yang terdapat di lapisan kulit akan menjadi sangat aktif sehingga memproduksi melanin, yaitu zat pigmen kulit dan rambut, dalam jumlah besar. Melanin yang berlebihan inilah yang membuat jerawat meninggalkan noda gelap.

Produksi melanin dalam jumlah besar sampai membuat kulit berubah warna menjadi gelap inilah yang disebut dengan hiperpigmentasi. Penyebab utama hiperpigmentasi adalah paparan sinar matahari di kulit yang tidak terlindungi sunscreen. Penyebab lainnya adalah peradangan di kulit akibat jerawat, eksim, gigitan serangga, infeksi, dan lainnya. Hiperpigmentasi yang muncul setelah peradangan disebut dengan post-inflammatory hyperpigmentation atau PIH.  

PIH rentan diderita oleh orang yang memiliki warna kulit medium sampai ke gelap. Semakin gelap warna kulitnya, maka semakin besar kemungkinan muncul PIH setelah jerawat sembuh. Awalnya, noda bekas jerawat ini berwarna kemerahan atau cokelat. 

Namun, jika nggak segera ditangani, maka warnanya akan semakin menggelap sampai menjadi hitam. Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi disarankan untuk diterapkan sejak awal untuk menghindari warnanya menjadi hitam karena jadi semakin sulit untuk dihilangkan.  

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi

Karena orang Indonesia termasuk berpotensi menderita PIH, maka kamu perlu tau cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan cepat. Apalagi, kondisi PIH bisa bertambah buruk jika sering terpapar sinar matahari. Sementara di Indonesia yang beriklim tropis, matahari bersinar intens hampir sepanjang hari. Jika PIH tidak segera ditangani plus sering terpapar sinar matahari tanpa dilindungi sunscreen, maka flek hitam bekas jerawat ini bisa menjadi permanen!

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi yang paling cepat adalah menggunakan terapi laser, chemical peeling, dan mikrodermabrasi di klinik kecantikan. Lewat terapi-terapi ini, kulit terluar di area yang mengalami PIH akan dikikis untuk memunculkan kulit baru yang lebih cerah dan sehat. Terapi-terapi ini tidak cukup dilakukan sekali lho, bahkan ada yang sampai berkali-kali. Karena itu, kamu perlu mempersiapkan uang yang cukup agar terapi bisa efektif.

Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan obat oles yang mengandung hydroquinone dan tretinoin dalam kadar aman. Obat oles ini harus digunakan sesuai petunjuk dan di bawah pengawasan dokter kulit ya, karena merupakan obat keras. Pemakaian hydroquinone dan tretinoin secara sembarang bisa menyebabkan kulitmu iritasi. Hal ini malah membuat noda bekas jerawat menjadi bertambah parah.

Kedua cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam dan membandel ini tentu membutuhkan uang yang cukup banyak. Tapi jangan khawatir kamu juga bisa memilih alternatif lain seperti menggunakan skincare yang memiliki formula khusus.

Menggunakan Produk Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan menggunakan skincare cenderung lebih murah tetapi, kamu perlu rajin menggunakan rangkaian perawatannya setiap hari untuk hasil yang maksimal. Sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit agar ia bisa menganalisa kondisi PIH di pipimu dan memberi rekomendasi produk dengan bahan aktif untuk kamu gunakan.

Tapi, jangan khawatir saat ini sudah banyak produk skincare di pasaran yang memiliki formula khusus untuk menghilangkan noda hitam di wajah. Sebagai gambaran, beberapa bahan aktif yang biasa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi adalah: 

- Retinoid. Senyawa turunan Vitamin A ini efektif untuk menghilangkan bekas jerawat hitam dan bisa digunakan sendiri atau digabung dengan bahan aktif lain. Kamu bisa mulai dengan dosis yang rendah dulu kemudian dinaikkan perlahan sesuai dengan respon kulit.

- Azelaic acid.  Asam ini bekerja dengan cara menghambat kerja enzim tirosinase dalam pembentukan melanin sehingga PIH menjadi lebih cerah. Dari hasil uji coba, penggunaan azelaic acid bisa memudarkan PIH dengan signifikan dalam waktu 24 minggu. 

- Niacinamide. Bahan aktif ini merupakan turunan dari Vitamin B3 dan membantu memudarkan PIH dengan cara mencegah perpindahan melanin dari sel-sel melanosit ke sel-sel lainnya di kulit. Niacinamide dengan konsentrasi 2-5 persen efektif untuk mengatasi hiperpigmentasi.

- Vitamin C. Vitamin ini terbukti dapat mencerahkan kulit wajah dengan cara mengurangi oksidasi yang menghasilkan melanin. Kandungan antioksidan di Vitamin C bersifat anti peradangan sehingga dapat membantu penyembuhan jerawat.

Bahan aktif ini ampuh memudarkan bekas jerawat yang membandel dengan waktu yang cepat. Tapi perlu diingat kamu perlu memperhatikan cara penggunaan bahan aktif ini ya. Misalnya saja penggunaan skincare yang mengandung retinoid tidak boleh digabung dengan vitamin C atau glycolic acid.

Hal lain yang perlu diketahui adalah penggunaan bahan-bahan aktif ini akan membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari. Jadi, jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen setiap hari walaupun kamu berada seharian di dalam ruangan.

Ampoule dari Garnier untuk Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam

Buat kamu yang mengalami masalah PIH dan hiperpigmentasi lainnya, Garnier hadir dengan produk skincare terbaru Garnier Bright Complete 3% Vitamin C Ampoule Serum. Ampoule ini bekerja cepat membantumu menghilangkan flek hitam bekas jerawat; cukup enam hari saja kamu sudah bisa mendapat hasil berupa hiperpigmentasi berkurang 39%, warna kulit tidak merata dan bercak hitam berkurang 32%, bintik hitam berkurang 34%, dan lingkaran hitam di mata berkurang 38%. 

Kerja cepat Garnier Bright Complete 3% Vitamin C Ampoule Serum dimungkinkan oleh kandungan bahan-bahan aktif berupa 3% Vitamin C dan niacinamide yang efektif sebagai cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi. Setelah penggunaan selama enam hari, lanjutkan pemakaiannya secara rutin agar hasil yang diberikan juga optimal. 

Penggunaan Garnier Bright Complete 3% Vitamin C Ampoule Serum bisa lho, dipadukan dengan produk Garnier Bright Complete lainnya. Gunakan ampoule di wajah yang sudah dibersihkan menggunakan Garnier Bright Complete Brightening Face Wash atau kamu yang memiliki kulit berjerawat atau oily bisa menggunakan Garnier Bright Complete Anti Acne Facial Wash. Setelah aplikasi ampoule, lanjutkan dengan aplikasi Garnier Bright Complete Vitamin C 30X Booster Serum dan Garnier Bright Complete Serum Cream SPF 36 PA +++ pada pagi-siang hari atau Garnier Bright Complete Vitamin C Yoghurt Sleeping Mask (Night Cream) pada malam hari.

Khusus untuk siang hari, jangan lupa tambahkan aplikasi Garnier Super UV Spot Proof Sunscreen SPF 50 PA ++++ untuk melindungi kulit wajahmu dari sinar matahari. Panduan perawatan dan perlindungan ini jadi cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi alami dan efektif. 

Jangan ragu untuk menggunakan Garnier Bright Complete Vitamin C Ampoule Serum sebagai bagian dari cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi! Kamu bisa langsung mendapatkan produk ini di official website Garnier Indonesia, atau official store Garnier Indonesia yang ada di marketplace/e-commerce terkemuka. Kamu juga bisa membelinya langsung di drugstore, toko kosmetik, supermarket, dan mini market terdekat.