cara menghilangkan bekas jerawat di pipi cara menghilangkan bekas jerawat di pipi

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi yang Sulit Pudar dengan Cepat dan Alami

Mungkin kamu merasa kesal sekali saat ada jerawat muncul di pipi. Tak hanya kamu harus telaten mengobati jerawat sampai sembuh dan kempis, tapi kamu juga harus sabar menunggu sampai noda bekas jerawat pudar. Namun jika noda bekas jerawat berubah menjadi bekas jerawat hitam karena hiperpigmentasi, maka proses menghilangnya akan cukup lama.

 

Cek juga jenis kulitmu dan perawatan yang cocok dengan Skin Coach Garnier!

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi untuk Kulit Cerah!

Penyebab Bekas Jerawat Hitam di Pipi

10 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam dengan Bahan Alami

Tips Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam dengan Skincare 

 

Kalau selama ini kamu mengalami hal yang sama dan sudah melakukan berbagai macam cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi tapi tidak berhasil, kamu harus terlebih dahulu paham tentang noda bekas jerawat hitam dan hubungannya dengan hiperpigmentasi. 

 

Penyebab Bekas Jerawat Hitam di Pipi 

Bekas jerawat hitam, atau yang juga dikenal dengan PIH (post-inflammatory hyperpigmentation), merupakan noda hitam yang muncul di kulit setelah jerawat sembuh. Noda ini muncul karena produksi melanin, zat pigmen kulit, yang berlebih di kulit yang berjerawat. 

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko munculnya bekas jerawat hitam, antara lain: 

Jenis Kulit 

Kulit yang lebih gelap cenderung lebih mudah mengalami PIH. Semakin gelap warna kulitnya, maka semakin besar kemungkinan muncul PIH setelah jerawat sembuh. Awalnya, noda bekas jerawat ini berwarna kemerahan atau cokelat.  

Tingkat Keparahan Jerawat 

Jerawat yang lebih parah cenderung lebih meninggalkan bekas yang sulit pudar. 

Paparan Sinar Matahari 

Kondisi PIH bisa bertambah buruk jika sering terpapar sinar matahari. Sementara di Indonesia yang beriklim tropis, matahari bersinar intens hampir sepanjang hari. Jika PIH tidak segera ditangani plus sering terpapar sinar matahari tanpa dilindungi sunscreen, maka flek bekas jerawat hitam di pipi ini bisa menjadi permanen! 

Penyebab lainnya adalah peradangan di kulit akibat jerawat, eksim, gigitan serangga, infeksi, dan lainnya.  

Jika nggak segera ditangani, maka warnanya akan semakin menggelap sampai menjadi hitam. Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi disarankan untuk diterapkan sejak awal untuk menghindari warnanya menjadi hitam karena jadi semakin sulit untuk dihilangkan. 

Baca juga: 10 Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya di Pipi dengan Cepat!

 

10 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam dengan Bahan Alami 

Bekas Jerawat hitam di pipi 

Bekas jerawat hitam bisa sangat mengganggu penampilan dan kepercayaan diri, tetapi jangan khawatir, ada banyak solusi alami yang bisa kamu coba di rumah. Yuk, simak cara-cara berikut ini: 

1. Lidah Buaya 

Lidah buaya dikenal karena kemampuannya dalam meredakan inflamasi dan mempercepat penyembuhan luka, yang menjadikannya bahan yang sempurna untuk menghilangkan bekas jerawat hitam. Cara menggunakan lidah buaya sangat mudah, kamu hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada area yang terkena bekas jerawat hitam di pipi sebelum tidur, dan bilas keesokan harinya. 

2. Madu 

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan madu. Madu merupakan antiseptik alami yang sangat baik untuk menjaga kulit tetap bersih dan bebas dari infeksi. Aplikasikan madu murni pada area bekas jerawat hitam dan biarkan selama 20-30 menit sebelum mencucinya dengan air hangat. Ulangi ini secara rutin untuk hasil terbaik. 

3. Lemon 

Lemon mengandung vitamin C yang tinggi dan sifat pemutih alami yang dapat membantu cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi. Aplikasikan perasan air lemon segar dengan kapas ke area yang diinginkan. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air dingin. Ingat, lemon dapat membuat kulit kamu lebih sensitif terhadap sinar matahari, jadi selalu gunakan sunscreen setelahnya. 

4. Minyak Tea Tree 

Minyak tea tree terkenal dengan kemampuannya mengatasi masalah kulit berkat sifat antibakteri dan antijamurnya. Campurkan beberapa tetes minyak tea tree dengan air atau minyak pembawa seperti minyak kelapa, lalu oleskan pada bekas jerawat hitam. Ini adalah cara menghilangkan bekas jerawat alami yang efektif dan lembut. 

5. Kunyit 

Berikutnya, cara menghilangkan bekas jerawat hitam secara alami adalah dengan menggunakan kunyit. Pasalnya, kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat yang dapat mengurangi kemerahan dan pigmentasi. Buat pasta dari kunyit bubuk dan sedikit air atau yogurt dan oleskan pada kulit kamu. Biarkan selama 15 menit sebelum membilasnya. 

6. Baking Soda 

Baking soda bekerja sebagai eksfolian alami yang dapat membantu menghilangkan sel kulit mati dan membuat kulit kamu terlihat lebih cerah. Campurkan baking soda dengan sedikit air hingga membentuk pasta, lalu aplikasikan pada bekas jerawat hitam dengan gerakan memutar. Biarkan selama beberapa menit sebelum mencucinya. 

7. Tomat 

Tomat kaya akan antioksidan dan vitamin yang membantu dalam menyamarkan noda dan bekas jerawat. Potong tomat menjadi irisan, lalu gosokkan secara langsung pada bekas jerawat hitam di pipi. Ini bisa membantu mengurangi kemerahan dan memperbaiki tekstur kulit. 

8. Pepaya 

Pepaya adalah cara menghilangkan bekas jerawat alami lainnya, berkat enzim papain yang mengandung sifat eksfoliasi. Haluskan beberapa potong pepaya matang dan oleskan sebagai masker pada wajah kamu. Biarkan hingga mengering, lalu bilas dengan air hangat. 

9. Cuka Apel 

Cuka apel membantu menyeimbangkan pH kulit, yang sangat penting untuk mengurangi bekas jerawat dan menjaga kulit tetap sehat. Campurkan cuka apel dengan air dalam perbandingan 1:3, lalu gunakan sebagai toner dengan mengoleskannya menggunakan kapas ke area yang diinginkan. 

10. Kentang 

Kentang mengandung vitamin C dan memiliki sifat pemutihan yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat hitam secara alami. Parut kentang mentah dan oleskan jusnya langsung ke bekas jerawat untuk hasil yang efektif.

 

Tips Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam dengan Skincare 

Mengatasi bekas jerawat hitam bisa jadi tantangan, namun dengan pendekatan yang tepat, kamu bisa melihat perbedaan yang signifikan. Berikut adalah beberapa tips menggunakan skincare untuk cara menghilangkan bekas jerawat hitam secara alami dan efektif: 

  1. Gunakan Produk yang Mengandung Bahan Pencerah

Dalam cara menghilangkan bekas jerawat hitam secara alami, penggunaan produk yang mengandung bahan pencerah sangat dianjurkan. Salah satu rekomendasi yang bagus adalah rangkaian produk Garnier Bright Complete Vitamin C. Berikut adalah langkah demi langkah penggunaan produk tersebut: 

Bright Complete Vitamin C Gel Wash 

Mulailah rutinitas pembersihan wajahmu dengan Garnier Bright Complete Vitamin C Gel Wash. Produk ini mengandung ekstrak lemon Yuzu yang kaya akan Vitamin C, yang terkenal efektif untuk memudarkan bekas jerawat hitam di pipi. Gel ini membantu membersihkan kotoran dan minyak dari wajah tanpa membuat kulit terasa kering. Gunakan dua kali sehari pada pagi dan malam hari untuk hasil terbaik. 

Bright Complete Vitamin C Overnight Serum 

Setelah membersihkan wajah, aplikasikan Garnier Bright Complete Vitamin C Overnight Serum. Serum ini dirancang untuk bekerja di malam hari saat kamu tidur, memberikan nutrisi intensif dan memudarkan bekas jerawat hitam. Kandungan Vitamin C yang tinggi dalam serum ini sangat efektif dalam mencerahkan dan menyamarkan noda hitam pada kulit, membuat kulit terlihat lebih cerah dan merata keesokan harinya. 

Bright Complete 3% Vitamin C Ampoule Serum 

Untuk perawatan yang lebih intensif, gunakan Garnier Bright Complete 3% Vitamin C Ampoule Serum. Produk ini mengandung konsentrasi tinggi Vitamin C yang efektif untuk cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dan menyamarkan noda gelap. Aplikasikan beberapa tetes ampoule ini pada wajah yang telah dibersihkan, terutama di area yang memiliki bekas jerawat hitam. Ampoule serum ini cocok digunakan baik di pagi maupun malam hari sebelum serum malam atau krim malam kamu. 

  1. Eksfoliasi Kulit Secara Rutin

Eksfoliasi atau pengelupasan kulit dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati yang bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan bekas jerawat hitam. Gunakan produk yang mengandung AHA (alpha hydroxy acid) atau BHA (beta hydroxy acid) yang efektif untuk cara menghilangkan bekas jerawat alami. 

  1. Selalu Pakai Sunscreen

Perlindungan terhadap sinar matahari sangat penting dalam cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi. Sinar UV dapat memperburuk bekas jerawat, sehingga penting untuk menggunakan sunscreen setiap hari, bahkan ketika berada di dalam ruangan. 

  1. Rutin Pakai Masker Wajah

Penggunaan masker wajah secara teratur yang mengandung tanah liat atau charcoal dapat membantu menarik kotoran dan minyak berlebih dari pori-pori, yang juga berperan dalam pembentukan bekas jerawat hitam. 

  1. Hindari Memencet Jerawat

Mencoba memencet atau menghilangkan jerawat dengan tangan bisa menyebabkan infeksi dan peradangan, yang hanya akan memperburuk bekas jerawat hitam. Hal ini juga menghambat proses cara menghilangkan bekas jerawat alami. 

  1. Terapi Kulit Wajah

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi yang paling cepat adalah menggunakan terapi laser, chemical peeling, dan mikrodermabrasi di klinik kecantikan. Lewat terapi-terapi ini, kulit terluar di area yang mengalami PIH akan dikikis untuk memunculkan kulit baru yang lebih cerah dan sehat.  

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan cepat ini tentu membutuhkan uang yang cukup banyak. Tapi jangan khawatir kamu juga bisa memilih alternatif lain seperti menggunakan skincare yang memiliki formula khusus. 

  1. Menggunakan Produk Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

2. Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi dengan Produk Skincare dari Garnier

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan menggunakan skincare cenderung lebih murah tetapi, kamu perlu rajin menggunakan rangkaian perawatannya setiap hari untuk hasil yang maksimal. Sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit agar ia bisa menganalisa kondisi PIH di pipimu dan memberi rekomendasi produk dengan bahan aktif untuk kamu gunakan.

Baca juga: 10 Kandungan Skincare yang Cocok untuk Kulit Sensitif

Bahan aktif dari skincare ampuh memudarkan bekas jerawat hitam di pipi yang membandel dengan waktu yang cepat. Tapi perlu diingat kamu perlu memperhatikan cara penggunaan bahan aktif yang ada di skincare, ya. Misalnya saja penggunaan skincare yang mengandung retinoid tidak boleh digabung dengan vitamin C atau glycolic acid.

Hal lain yang perlu diketahui adalah penggunaan bahan-bahan aktif ini akan membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari. Jadi, jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen setiap hari walaupun kamu berada seharian di dalam ruangan. 

Berikut adalah beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa jadi cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi: 

  • Hindari memencet jerawat. Memencet jerawat dapat memperburuk peradangan dan meningkatkan risiko munculnya bekas jerawat hitam. 
  • Hindari menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung alkohol atau retinoid. Produk-produk ini dapat mengiritasi kulit dan memperburuk PIH.

     

    Ampoule dari Garnier untuk Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi

    3. Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi dengan Ampoule Serum

    Buat kamu yang mengalami masalah PIH dan hiperpigmentasi lainnya, Garnier hadir dengan produk skincare terbaru Garnier Bright Complete 3% Vitamin C Ampoule Serum. Ampoule ini bekerja cepat membantumu menghilangkan flek hitam bekas jerawat; cukup enam hari saja kamu sudah bisa mendapat hasil berupa hiperpigmentasi berkurang 39%, warna kulit tidak merata dan bercak hitam berkurang 32%, bintik hitam berkurang 34%, dan lingkaran hitam di mata berkurang 38%. 

    Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan cepat adalah dengan menggunakan Garnier Bright Complete 3% Vitamin C Ampoule Serum hal ini dimungkinkan oleh kandungan bahan-bahan aktif berupa 3% Vitamin C dan niacinamide yang efektif. Setelah penggunaan selama enam hari, lanjutkan pemakaiannya secara rutin agar hasil yang diberikan juga optimal. 

    Penggunaan Garnier Bright Complete 3% Vitamin C Ampoule Serum bisa lho, dipadukan dengan produk Garnier Bright Complete lainnya. Gunakan ampoule di wajah yang sudah dibersihkan menggunakan Garnier Bright Complete Brightening Face Wash atau kamu yang memiliki kulit berjerawat atau oily bisa menggunakan Garnier Bright Complete Anti Acne Facial Wash. Setelah aplikasi ampoule, lanjutkan dengan aplikasi Garnier Bright Complete Vitamin C 30X Booster Serum dan Garnier Bright Complete Serum Cream SPF 36 PA +++ pada pagi-siang hari atau Garnier Bright Complete Vitamin C Yoghurt Sleeping Mask (Night Cream) pada malam hari.

    Khusus untuk siang hari, jangan lupa tambahkan aplikasi Garnier Super UV Spot Proof Sunscreen SPF 50 PA ++++ untuk melindungi kulit wajahmu dari sinar matahari. Panduan perawatan dan perlindungan ini jadi cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi alami dan efektif. Dengan rangkaian produk garnier untuk menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam tersebut maka wajahmu bisa menjadi glowing dan cerah lagi.

    Jangan ragu untuk menggunakan Garnier Bright Complete Vitamin C Ampoule Serum sebagai bagian dari cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi! Kamu bisa langsung mendapatkan produk ini di official website Garnier Indonesia, atau official store Garnier Indonesia yang ada di marketplace/e-commerce terkemuka. Kamu juga bisa membelinya langsung di drugstore, toko kosmetik, supermarket, dan mini market terdekat.

    Kamu dapat menganalisa kulitmu untuk mengetahui masalah yang sedang dihadapi kulitmu dengan menggunakan teknologi skin coach dari Garnier. Diagnosa kulitmu dan temukan solusi permasalahan kulitmu agar kembali sehat dan cerah! Ayo raih wajah bebas jerawat dan lebih sehat di sini atau klik banner di bawah ini!

first fixed slider