10 Pilihan Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya di Pipi 10 Pilihan Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya di Pipi

10 Pilihan Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya di Pipi

Saat muncul jerawat di pipi, apalagi kalau lebih dari satu, rasanya kamu ingin mengeluh kencang-kencang. Wajar sih, karena kamu nggak hanya berurusan dengan jerawat tapi juga noda bekas jerawat setelah jerawat berhasil diatasi. Masalahnya, noda bekas jerawat cukup sulit untuk dihilangkan, dan tergantung jenis jerawatnya, ada noda bekasnya yang butuh waktu berbulan-bulan untuk bisa hilang. Jadi bagaimana ya, cara menghilangkan jerawat dan bekasnya di pipi yang efektif?

Penyebab Munculnya Jerawat di Pipi

Saat kamu berjerawat di pipi, penyebabnya biasanya adalah kebiasaan sehari-hari yang berdampak nggak bagus ke kulit wajahmu. Misalnya nih, kamu sering nggak sadar menyentuh wajah dengan jari-jari tangan atau menopang kepala dengan telapak tangan. Padahal, tanganmu sudah menyentuh atau memegang banyak permukaan sebelumnya, sehingga potensial sudah mengumpulkan kuman, kotoran, dan zat pencetus iritasi.

Nggak cuma tangan lho, pipi juga sering bersentuhan dengan permukaan benda yang kebersihannya tidak terjaga. Misalnya saja layar smartphone, sarung bantal, bagian dalam helm, sampai ke spons atau kuas makeup. Faktor lainnya adalah genetis. Untuk mengetahui penyebab jerawat di pipi sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter kulit, ya.

Hal yang membuat kesal itu adalah saat jerawat sudah diobati dan berhasil diredakan, muncul deh, bekas jerawat menghitam di tempat jerawatmu muncul. Noda bekas jerawat ini, biasa disebut dengan PIH (post-inflammatory hyperpigmentation), muncul karena produksi melanin (zat pigmen kulit dan rambut) yang berlebih di kulit yang berjerawat sebagai cara tubuh merespons terjadinya peradangan. Sebenarnya noda ini sudah muncul saat jerawat masih ada, tapi tidak ikut menghilang saat jerawat sudah dibasmi.

Noda bekas jerawat di pipi bisa hilang dengan sendirinya, tapi prosesnya bisa makan waktu sangat lama, bahkan ada yang sampai lebih dari setahun. Orang-orang dengan warna kulit sawo matang dan gelap paling potensial memiliki PIH, dan memudarkannya juga cukup sulit. Kamu butuh cara menghilangkan jerawat serta bekasnya yang ampuh sehingga kulit pipimu kembali mulus tanpa noda. 

Sepuluh Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya di Pipi

Ada berbagai cara mengatasi jerawat di pipi, baik perawatan alami sampai tindakan oleh dokter kulit di klinik kecantikan. Saat jerawatmu meninggalkan noda, maka kamu bisa terapkan cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi. Berikut ini ada sepuluh cara menghilangkan jerawat dan bekasnya di pipi yang bisa kamu pilih:

1. Disiplin melakukan perawatan kulit wajah sehari-hari

Yuk, semangat untuk rutin merawat wajah, apalagi kalau wajahmu sedang berjerawat. Perawatan kulit wajah yang rutin akan membantu jerawatmu cepat teratasi dan tidak muncul lagi. Selain itu, noda jerawat yang terbentuk biasanya akan lebih mudah pudar jika kulit dirawat dengan baik.

2. Memakai obat jerawat sejak awal

Saat jerawat muncul, jangan tunda untuk segera mengobatinya. Kamu bisa memakai obat jerawat yang dijual bebas atau yang direkomendasikan oleh dokter kulit. Semakin awal kamu menangani jerawat yang muncul, maka noda jerawat yang terbentuk juga akan cepat hilang.

3. Melakukan eksfoliasi

Eksfoliasi kimia merupakan cara mengatasi jerawat yang ampuh sekaligus menghilangkan noda bekasnya. Kamu bisa memilih produk skincare untuk jerawat yang mengandung salicylic acid (BHA) dan glycolic acid (AHA) yang dapat masuk ke pori-pori dan membantu membersihkan sumbatannya, sehingga jerawat lebih cepat sembuh. Dua eksfolian ini juga dapat membantu memudarkan noda bekas jerawat sehingga perlu ada di produk skincare menghilangkan bekas jerawat merah di pipi. 

4. Selalu memakai sunscreen

Paparan sinar UV dari matahari yang berkepanjangan dapat memperburuk kondisi jerawatmu. Nggak hanya itu, noda bekas jerawat juga menjadi sulit dihilangkan karena sinar UV membuat noda semakin menggelap. Karena itu, melindungi kulit dari sinar matahari dengan memakai sunscreen merupakan cara menghilangkan jerawat dan bekasnya di pipi yang tepat. 

5. Memilih produk skincare untuk mencerahkan kulit

Sebagai cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi, kamu sebaiknya memilih produk-produk skincare untuk kulit berjerawat yang ditujukan untuk mencerahkan kulit. Produk-produk ini memiliki kandungan bahan aktif yang memang dikenal dapat mencerahkan kulit dan mengatasi hiperpigmentasi, seperti Vitamin C, niacinamide, kojic acid, tranexamic acid, alpha arbutin, dan symwhite 377.

6. Selalu menjaga kebersihan

Memastikan benda-benda yang menyentuh pipi dalam kondisi bersih dapat membantu mengatasi jerawat. Karena itu, kamu sebaiknya rutin membersihkan layar ponsel, kuas/spons makeup, bagian dalam helm, dan tanganmu. Sebaiknya ganti sarung bantalmu setiap seminggu sekali saat wajahmu sedang berjerawat. 

7. Menghindari makanan yang memperburuk jerawat

Gula dan produk-produk turunan susu (dairy) merupakan makanan yang disebut dapat memperburuk kondisi jerawat. Konsumsi gula berlebih merupakan salah satu penyebab tubuh mudah mengalami peradangan, salah satu bentuknya adalah jerawat. Produk-produk turunan susu juga dapat memperburuk jerawat karena di dalamnya masih terdapat kandungan hormon dari sapi. 

8. Mengurangi stres

Meredakan stres bisa jadi cara menghilangkan jerawat dan bekasnya di pipi. Menurut penelitian, kondisi jerawat bisa bertambah buruk karena stres menghadapi sesuatu, salah satunya adalah ujian di sekolah. Relaksasi, melakukan hobi, dan kegiatan pereda stres lainnya dapat membantu menyembuhkan jerawat.

9. Bergaya hidup sehat

Tidur yang cukup setiap malam antara 7-9 jam, berolahraga secara rutin, serta tidak merokok dan mengonsumsi alkohol akan sangat membantu kulit wajahmu terhindar dari masalah, termasuk jerawat. Jika jerawat sudah muncul, maka proses penyembuhannya akan berlangsung lebih cepat.

10. Tindakan di klinik kecantikan

Saat bekas jerawat hitam membandel padahal kamu ingin sekali noda ini cepat hilang, maka sebaiknya kamu melakukan perawatan di klinik kecantikan. Beberapa tindakan yang membantu memudarkan bekas jerawat adalah chemical peeling, terapi laser, dan mikrodermabrasi. Walau butuh beberapa kali tindakan, tapi noda bekas jerawat yang membandel akan diatasi dengan cepat. 

Rangkaian Garnier Bright Anti-Acne untuk Atasi Jerawat dan Noda Bekasnya

Ada nggak sih, produk Garnier yang bisa jadi cara menghilangkan jerawat dan bekasnya di pipi? Tentu saja ada! Kamu bisa pilih rangkaian skincare untuk kulit berjerawat dan bekasnya dari Garnier Bright Complete Anti-Acne yang membantumu mengatasi jerawat serta menyamarkan noda hitam bekas jerawat. Terdiri dari tiga produk, rangkaian ini mengandung bahan-bahan yang terbukti andal dalam melawan jerawat dan noda hitam, yaitu Vitamin C, niacinamide, dan salicylic acid

  • Garnier Bright Complete 3-in-1 Anti-Acne Facial Wash

Merupakan pembersih wajah yang terbukti dapat membasmi 99,9% bakteri penyebab jerawat, yaitu C. acnes dan S. aureus. Dengan kandungan salicylic acid dan Vitamin C-nya, pembersih wajah ini juga membantu membersihkan wajah sampai ke pori-pori, mengurangi minyak berlebih, dan membuat wajah tampak lebih cerah. 

  • Garnier Bright Complete Anti-Acne Booster Serum 

Kamu juga bisa mencoba rekomendasi serum untuk kulit berjerawat dari Garnier ini. Produk serum wajah ini punya kandungan bahan aktif sebesar 4% yang terdiri dari Vitamin C, salicylic acid, niacinamide, dan AHA. Paduan bahan-bahan aktif ini terbukti dapat membantu mencerahkan kulit wajah yang kusam dan memudarkan noda hitam bekas jerawat, sekaligus membantu mengatasi jerawat dan menghilangkan sumbatan di pori-pori dengan cepat.

  • Garnier Bright Complete Clear Up Anti-Acne Serum Mask

Tissue mask yang memiliki kandungan yang setara sebotol serum ini punya bahan aktif berupa salicylic acid, niacinamide, dan Vitamin C dengan total 3%! Pemakaian tiga kali seminggu dapat membantu melawan jerawat dan noda hitam.

Sudah menemukan cara menghilangkan jerawat dan bekasnya di pipi memakai rangkaian Garnier Bright Complete Anti-Acne, kamu bisa langsung eksekusi! Kamu bisa membeli rangkaian produk ini secara online di official website Garnier Indonesia, atau official store Garnier Indonesia yang ada di marketplace/e-commerce terkemuka. Kamu juga bisa membelinya di drugstore, toko kosmetik, dan supermarket terdekat.