Serum yang mengandung niacinamide Serum yang mengandung niacinamide

Ini Kelebihan Serum yang Mengandung Niacincamide untuk Kulit

Punya kulit yang sehat, bersih dan cerah pastinya bikin kamu lebih pede. Untuk bisa mendapatkanya, kamu bisa mencoba menambahkan serum dengan bahan aktif tertentu ke dalam skincare routine.

Ini Kelebihan Serum yang Mengandung Niacincamide untuk Kulit

Salah satu bahan aktif yang bisa kamu coba adalah niacinamide. Serum yang mengandung niacinamide ternyata punya banyak manfaat untuk perawatan kulit, lho. Berikut pembahasan lebih lanjutnya.

Kenalan dengan Bahan Aktif Serba Bisa

Belakangan ini, ada banyak produk skincare dengan kandungan niacinamide yang bermunculan sebagai bahan aktif perawatan kulit. Bukan tanpa alasan, banyak yang menganggap bahan aktif satu ini sebagai solusi terbaik untuk banyak masalah kulit yang paling umum. Beberapa manfaat niacinamide adalah mengatasi dan mencegah tanda-tanda penuaan kulit, mencerahkan dan menghaluskan kulit, meredakan peradangan dan kemerahan, mengurangi hiperpigmentasi, menyamarkan tampilan pori-pori, menghidrasi, serta memperkuat skin barrier.

Niacinamide adalah bentuk Vitamin B3, yang merupakan nutrisi penting untuk perkembangan dan fungsi sel-sel dalam tubuh. Dalam perawatan kulit, zat ini digunakan untuk mengatasi jerawat dan bekasnya, mencerahkan kulit, serta mengendalikan gejala rosacea. Niacinamide bekerja dengan menghambat pelepasan zat kimia yang memicu reaksi peradangan di dalam tubuh. Ia juga memperlambat proses perpindahan pigmen (zat pemberi warna di kulit dan rambut) ke dalam sel-sel kulit sehingga kulit tampak lebih cerah. 

Fungsi niacinamide yang lain adalah membantu pembentukan protein di kulit dan memastikan sel-sel kulit tetap lembap. Dengan begitu, kulit jadi terhindar dari kerusakan karena lapisan pelindungnya (skin barrier) tetap kuat. Kemampuan niacinamide menjaga kekuatan skin barrier ini menjadi salah satu senjata dalam memerangi berbagai permasalahan kulit seperti, kulit dehidrasi, kusam dan bertekstur.

Untuk mendapatkan manfaatnya dalam perawatan kulit secara maksimal, kamu bisa gunakan produk skincare yang ada kandungan niacinamide, salah satunya serum yang mengandung niacinamide.

Memadukan Niacinamide dengan Bahan Aktif Lain

Memadukan Niacinamide dengan Bahan Aktif Lain

Manfaat niacinamide untuk wajah secara maksimal bisa kamu dapatkan nggak hanya dari penggunaannya secara tunggal sebagai bahan aktif, lho. Kalau kamu memadukan penggunaan niacinamide dengan bahan aktif lain, hasil yang diberikan malah bisa jadi lebih bagus untuk perawatan kulit wajahmu. Nah, jika kamu menggunakan serum yang mengandung niacinamide dan bahan aktif lainnya, maka manfaat-manfaat berikut bisa kamu dapatkan.

1. Memperkuat skin barrier

Saat skin barrier-mu kuat dan terjaga, maka permasalahan lain di kulit juga dapat dicegah. Untuk meningkatkan kekuatan skin barrier, kamu bisa menggabungkan serum niacinamide dengan bahan aktif ceramides, yaitu molekul lipid yang ditemukan di antara sel-sel kulit. 

Faktor lingkungan dapat mengganggu lapisan lipid kulit, yang mengunci kelembapan dan bertindak sebagai penghalang terhadap polusi, bakteri, dan agresor lingkungan lainnya. Dengan perpaduan niacinamide dan ceramides, kekuatan skin barrier kamu jadi optimal.

2. Mengatasi masalah jerawat dan memudarkan bekasnya

Manfaat serum yang mengandung niacinamide adalah membantu menyeimbangkan produksi minyak untuk mengurangi jerawat. Terlebih lagi, bahan ini juga dikenal sebagai anti-peradangan yang mampu membantu menenangkan kulit. Selain itu, niacinamide juga membantu memudarkan bekas jerawat karena dapat memperlambat proses perpindahan pigmen ke sel-sel kulit.

Perawatan menggunakan niacinamide untuk jerawat akan optimal apabila kamu memadukannya dengan salicylic acid. Sebagai asam BHA (beta-hydroxy acid) yang larut dalam minyak, salicylic acid dapat menembus lapisan minyak di permukaan kulit dan masuk ke pori-pori untuk membersihkannya, sehingga bisa membantumu mengatasi masalah jerawat. 

3. Sebagai perawatan anti-aging

Serum yang mengandung niacinamide juga memiliki kemampuan untuk membantu melawan tanda-tanda penuaan kulit. Apalagi, jika manfaatnya digabung dengan retinol yang memang baik untuk perawatan anti-aging. Kombinasi retinol dan niacinamide terbukti efektif untuk mencegah dan mengurangi tanda-tanda penuaan, meratakan warna kulit. 

Untuk urutannya, aplikasikan serum yang mengandung niacinamide terlebih dahulu, lalu diamkan selama beberapa saat hingga produk tersebut terserap ke dalam kulit. Setelah produk terserap dengan baik, baru kamu bisa aplikasikan serum retinol secara merata ke seluruh permukaan wajah.

4. Menjaga hidrasi kulit

Niacinamide dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik karena memiliki sifat oklusif yang mencegah air di dalam lapisan kulit menguap ke udara. Sebuah hasil penelitian menyebutkan kalau niacinamide lebih efektif sebagai sebagai oklusif dibandingkan petroleum jelly, lho. 

Sifat oklusifnya ini cocok banget jika dipadukan dengan hyaluronic acid yang merupakan humektan, yaitu kemampuan menarik air dari lingkungannya untuk menghindari lapisan kulit. Nah, niacinamide akan menjaga agar air yang ditarik oleh hyaluronic acid ini nggak cepat menguap, sehingga hidrasi kulit tetap terjaga. Efeknya, kulit jadi lembap, kenyal, dan cerah. 

Perawatan dengan Serum yang Mengandung Niacinamide

Untuk mendapat hasil maksimal, tentunya kamu harus tahu cara tepat dalam menggunakan serum niacinamide. Kabar baiknya, semua jenis kulit dan usia bisa menggunakan serum dengan kandungan niacinamide dalam rutinitas perawatan kulit. Agar hasilnya optimal, aplikasi serum yang mengandung niacinamide dilakukan dua kali sehari pada pagi dan malam hari.

Nah, untuk produk serum yang punya kandungan niacinamide, kamu bisa pilih produk serum terbaru dari Garnier, yaitu Garnier Bright Complete Anti-Acne Booster Serum yang teruji klinis dapat mengurangi 90% tanda jerawat (Berdasarkan uji klinis selama 4 hari terhadap komedo). Kamu bisa bebas dari drama jerawat karena produk terbaru dari Garnier ini memiliki kandungan bahan aktif sebesar 4% yang terdiri dari Vitamin C, salicylic acid, niacinamide, dan AHA. Paduan bahan-bahan aktif ini terbukti dapat membantu mencerahkan kulit wajah yang kusam dan memudarkan noda hitam bekas jerawat.

Agar hasilnya perawatannya sesuai harapan, kamu bisa menggunakan Garnier Bright Complete Anti-Acne Booster Serum bersama produk Garnier Bright Complete Anti-Acne lainnya, yaitu Garnier Bright Complete 3-in-1 Anti Acne Facial Wash dan Garnier Bright Complete Clear Up Anti Acne Serum Mask.

Yuk, segera dapatkan serum yang mengandung niacinamide Garnier Bright Complete Anti-Acne Serum di website resmi Garnier Indonesia atau di official store Garnier di berbagai e-commerce/marketplace. Kamu juga bisa membelinya secara langsung pusat perbelanjaan, drugstore, supermarket, minimarket, dan toko kosmetik ternama.