Selain Makanan, ini penyebab jerawat Selain Makanan, ini penyebab jerawat

Selain Makanan, Ini Penyebab Jerawat di Pipi yang Sering Dialami

Tahukah kamu kalau penyebab munculnya jerawat dapat ditentukan dari tempat jerawat itu muncul? Jerawat yang muncul di dahi dan di rahang punya penyebab yang berbeda lho, begitu juga dengan penyebab jerawat di pipi. Dengan mengetahui penyebabnya, kamu bisa dengan cepat menemukan solusinya sehingga jerawat tersebut nggak lagi muncul.

Selain Makanan, Ini Penyebab Jerawat di Pipi yang Sering Dialami

 

Penyebab Jerawat Muncul di Wajah

Penyebab Jerawat Muncul di Wajah

Sebelum membahas penyebab jerawat berdasarkan tempat munculnya, termasuk penyebab jerawat di pipi, kamu harus paham dulu alasan mendasar yang menyebabkan jerawat sampai bisa muncul di wajah.

Jerawat muncul saat pori-pori tempat folikel rambut berada tersumbat oleh berbagai macam kotoran, sisa makeup, sel-sel kulit mati, dan minyak berlebih. Awalnya, sumbatan ini akan membentuk komedo, baik white head atau pun black head. Saat bakteri penyebab jerawat hadir dan berkembang biak di dalam pori-pori tersebut, maka muncul deh jerawat. 

Di wajah, jerawat bisa muncul di mana saja, tapi paling umum jerawat muncul di dahi, hidung, pipi, rahang, dan dagu. Selain di wajah, jerawat juga bisa muncul di punggung, dada, dan bahu. Area-area ini memiliki kelenjar sebasea yang lebih banyak dibandingkan bagian tubuh yang lain, sehingga potensi untuk munculnya jerawat menjadi lebih besar. 

Faktor-faktor yang berpotensi untuk menjadi pemicu munculnya jerawat adalah:

1. Perubahan hormon.

Tingginya produksi kelompok hormon androgen, yaitu kelompok hormon laki-laki, pada masa remaja dapat menyebabkan produksi minyak di kelenjar sebasea meningkat. Perubahan hormon yang terjadi pada orang dewasa juga dapat menyebabkan munculnya jerawat.

2. Pola makan.

Roti, kentang goreng, nasi putih, dan makanan tinggi karbohidrat lainya, dapat menjadi makanan penyebab jerawat di pipi atau memperparah kondisi jerawat yang sudah ada. Ini karena karbohidrat mengandung gula, dan terlalu banyak konsumsi gula dapat memicu peradangan di tubuh, termasuk jerawat.

3. Genetik.

Jika banyak anggota keluargamu yang jerawatan, maka kemungkinan besar kamu juga akan mudah berjerawat. 

4. Konsumsi obat-obatan.

Beberapa jenis obat-obatan dapat menyebabkan munculnya jerawat jika dikonsumsi secara rutin, seperti pil kontrasepsi serta obat yang mengandung steroid, testosteron, dan lithium. 

5. Penggunaan produk perawatan kulit dan produk makeup yang mengandung minyak.

Jika kulit wajahmu rentan berjerawat, maka produk dengan kandungan minyak sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan membentuk komedo.

Acne Face Map, Mencari Penyebab Munculnya Jerawat di Wajah

Acne Face Map, Mencari Penyebab Munculnya Jerawat di Wajah

Kesal nggak sih, saat jerawat di pipi susah hilang dan terus-menerus muncul? Untuk masalah jerawat seperti ini, menemukan penyebab jerawat di pipi bisa menggunakan metode pengobatan tradisional Tionghoa dan Ayurveda, yaitu acne face map. Menurut metode ini, ada beberapa kondisi kesehatan yang menyebabkan jerawat muncul di area tertentu di wajah. 

Secara ilmiah, hubungan antara penyakit dengan munculnya jerawat di area tertentu di wajah memang belum terbukti kebenarannya. Namun prinsip acne face map bisa digunakan untuk melihat hubungan antara gaya hidup dan munculnya jerawat di wajah. Dengan demikian, solusi dan cara menghilangkan jerawat dapat segera diterapkan.

Secara sederhana, acne face map ini bisa dijelaskan sebagai berikut:

1. Penyebab jerawat di garis rambut:

Kemungkinan disebabkan oleh penggunaan produk-produk perawatan dan styling rambut yang mengandung minyak. Kandungan minyak ini dapat menyumbat pori-pori yang memicu munculnya jerawat. Selain itu, ada pula kandungan bahan di produk-produk tersebut yang memicu munculnya jerawat, seperti silikon dan petrolatum.

2. Penyebab jerawat di pipi:

Kemungkinan disebabkan oleh gesekan ke benda yang kotor, seperti sarung bantal, layar ponsel, atau jari-jari tangan. Jika wajah tidak dibersihkan secara rutin, maka gesekan ini dapat memicu munculnya jerawat karena kotoran jadi berpindah ke kulit wajah. 

3. Penyebab jerawat di dahi dan hidung: 

Dahi dan hidung merupakan bagian dari area T yang produksi minyaknya paling tinggi di wajah. Minyak berlebih di wajah membuat potensi munculnya jerawat menjadi lebih besar. Selain itu, stres dan kurang tidur juga dapat memicu munculnya jerawat di dahi dan hidung.

4. Penyebab jerawat di dagu dan rahang:

Ketidakseimbangan hormon dan pola makan. Produksi hormon androgen yang meningkat menjadi penyebab munculnya jerawat di area ini, begitu pula dengan konsumsi makanan yang tinggi kandungan karbohidrat dan dairy.  

Solusi Penyebab Jerawat di Pipi dengan Perawatan Kulit 

Setelah tau penyebab jerawat di pipi tak kunjung sembuh, berarti saatnya kamu ambil tindakan untuk mengatasinya. Karena penyebab jerawat di pipi berhubungan kotoran, maka kamu dapat menerapkan cara-cara berikut ini untuk mencegah dan mengatasi jerawat:

  • Ganti sarung bantal dan sprei secara teratur. Lakukan paling tidak seminggu sekali atau saat sudah terlihat kotor.
  • Rutin membersihkan ponsel, terutama layar. Dengan demikian, kotoran yang menempel di ponsel tidak pindah ke kulit wajah.
  • Hindari memegang wajah dengan tangan yang kotor. Kamu mungkin nggak sadar saat memegang wajah dengan tangan. Jika sulit untuk dihindari, maka kamu bisa menyiasatinya dengan rutin mencuci tanganmu dengan benar.

Bagaimana jika jerawat terlanjur muncul? Kamu dapat mengatasinya dengan menggunakan obat jerawat dan melakukan perawatan kulit wajah menggunakan produk-produk yang dikhususkan untuk kulit berjerawat. Pastikan produk-produk tersebut memiliki kandungan bahan aktif yang efektif untuk mengatasi jerawat, termasuk jerawat di pipi.