Apa Serum yang Bagus Apa Serum yang Bagus

Apa Serum yang Bagus untuk Kulit Berjerawat? Cek di Sini!

Serum adalah fenomena yang masih bisa dibilang baru sebagai produk skincare. Namun berbagai penelitian membuktikan, cairan kental ini nggak bisa diremehkan kehadirannya, bahkan termasuk langkah penting kalau kamu ingin mengatasi masalah kulit, termasuk untuk kulit yang rentan jerawat. Kamu yang memiliki kulit berminyak dan rentan berjerawat, harus tahu serum yang bagus untuk kulit berjerawat untuk digunakan sebagai bagian dari perawatan kulit wajahmu.

Jadi apa sebenarnya serum itu, dan mengapa kamu perlu memilih serum yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat? Serum mengandung konsentrat bahan aktif yang punya target khusus untuk mengatasi masalah kulit tertentu. Konsentrasi bahan aktif di dalam serum lebih tinggi dibandingkan pelembap, ditambah lagi serum memiliki molekul-molekul yang lebih kecil untuk memudahkan penyerapannya ke kulit. Karena itulah, kamu disarankan untuk memakai serum kalau ingin masalah jerawatmu bisa cepat tuntas.  

Memilih Serum yang Bagus untuk Kulit Berjerawat

Memilih Serum yang Bagus untuk Kulit Berjerawat

Jika kulitmu sedang berjerawat, rutinitas perawatan kulit yang standar nggak cukup, lho. Kamu butuh serum yang bagus untuk jerawat yang nggak hanya berfungsi sebagai pencegahan saja tapi juga bisa membantu menyamarkan bekas jerawat. Memilih serum untuk jerawat dan bekasnya, kamu perlu melihat daftar bahan aktif di dalamnya untuk memastikan sudah sesuai dengan kebutuhanmu. Bahan aktif apa saja yang perlu ada?

1. Salicylic acid

Zat asam ini masuk dalam kelompok BHA (beta-hydroxy acid) dan terkenal memilih efek mengurangi jerawat dengan cara mengeksfoliasi kulit dan membersihkan kulit wajah sampai ke pori-pori. Serum yang bagus untuk kulit berjerawat biasanya memiliki bahan aktif ini karena dapat membantu permasalahan jerawat ringan dan bisa bantu mencegah munculnya jerawat baru. 

Ketika pori-pori kulit tersumbat oleh kotoran, sel-sel kulit mati, dan minyak berlebih, komedo dan jerawat berpotensi untuk muncul. Salicylic acid akan masuk ke dalam pori-pori dan membersihkan sumbatan kulit ini. Biasanya perlu waktu beberapa minggu untuk bisa melihat efek penuh serum untuk kulit berjerawat yang mengandung bahan aktif ini.

2. Alpha-hydroxy acids (AHA)

AHA punya efek ajaib untuk jerawat karena dapat mencegah dan mengatasi jerawat. Sama seperti BHA, AHA bekerja dengan cara mengeksfoliasi kulit. Bedanya, AHA dapat melonggarkan pori sehingga sumbatannya bisa terangkat. Menggunakan serum penghilang jerawat dengan kandungan AHA secara rutin bisa mencegah pembentukan sumbatan pori di masa depan. 

AHA juga berfungsi untuk mengecilkan ukuran pori yang membesar akibat terisi sumbatan. Kamu perlu tau kalau kulit yang rentan berjerawat biasanya memiliki pori-pori yang lebih besar. AHA juga memungkinkan regenerasi sel kulit baru yang lebih cepat. Jadi, serum dengan kandungan AHA juga bisa menghilangkan bekas jerawat yang tertinggal. Beberapa jenis zat asam kelompok AHA yaitu citric acid dan malic acid, bisa membantu menenangkan kulit yang terinflamasi. Ini berguna sekali ketika jerawat meradang dan kemerahan.

3. Niacinamide

Niacinamide adalah salah satu bentuk dari Vitamin B3 (niacin) yang punya peranan penting untuk memastikan kulit wajahmu sehat dan bersinar, terutama untuk kulit yang rentan berjerawat karena punya manfaat anti-peradangan. Jerawat adalah kondisi kulit yang meradang dan bisa meninggalkan noda hitam. Nah, niacinamide yang dikenal dapat mencerahkan kulit akan membantu memudarkan dan menyamarkan tampilan noda hitam. 

Selain itu, niacinamide juga bisa lho, meningkatkan ceramides di dalam kulit.

Ceramides berfungsi untuk menjaga kondisi skin barrier sehingga kulit bisa tetap lembap dan kenyal. Ini penting karena kulit yang lembap dapat membuat produksi minyak di wajah jadi terkontrol sehingga dapat membantu mencegah munculnya jerawat. Karena itu, serum yang bagus untuk kulit berjerawat harus memiliki bahan aktif ini. 

4. Vitamin C

Vitamin ini dikenal sebagai antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, serta vitamin yang ampuh banget untuk memudarkan noda hitam di wajah, termasuk noda bekas jerawat. Karena itu, bahan ini wajib ada dalam serum yang bagus untuk menghilangkan bekas jerawat. 

Manfaat ini jika dikombinasikan dengan salicylic acid, niacinamide, dan AHA akan menciptakan serum yang bagus untuk kulit berjerawat yang bisa mencegah munculnya jerawat, mengatasi peradangan, kemudian memudarkan dan menyamarkan noda bekas jerawat. Jadi, pastikan kamu memilih serum jerawat dengan semua kandungan bahan aktif ini agar hasilnya optimal.